MENGUPAS PERISTIWA SECARA FAKTA

Masyarakat Desa Pasar Tiga Sangat Apresiasi Mahasiswa UIN-SU Bidang Agama 

Derapperistiwa.com l Labuhanbatu

Juma’at(12/08/2022) Masyarakat Desa Pasar Tiga Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatera, sangat mengapresiasi kehadiran Mahasiswa UIN-SU (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara), saat mahasiswa melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kelompok 131 khususnya dalam bidang keagamaan.

Jakaria Kepala Desa Pasar Tiga saat membuka perlombaan, hafalan surat pendek, Pemilihan Dai cilik, Azan, Tilawatil Qur’an, Tartil, Fashion show. “Kemudian memberikan semangat pada anak-anak, karena hanya dengan belajar kita bisa dapat ilmu, dan semoga kita semua menjadi yang beruntung”.

Medi sebagai Kepala Dusun 1 mengatakan, “Bapak-bapak yang ada di perwiritan sebenarnya sangat merasa senang atas kehadiran Mahasiswa UINSU, apa lagi sudah punya kesempatan waktu untuk bisa menjadi pembaca surah Yasin, Taktim, Tahlil, ataupun Do’a dan lain sebagainya”.

Kemampuan kelompok 131 UIN-SU hingga pada perseorangan dalam mengisi acara keagamaan di Desa kami Pasar Tiga, tentunya sangat di apresiasi oleh berbagai lapisan masyarakat yang ada di Desa Pasar Tiga ini. Selain itu dalam mengisi peran-peran penting dalam susunan acara, ternyata mampu membuat hati kami senang sebut MEDI.

Sanjaya Marpaung sebagai Ketua Karang Taruna Desa Pasar Tiga mengatakan, “Kepada Adik-adik Mahasiswa KKN kelompok 131 UIN-SU Medan, kami dari Pemuda Karang Taruna mengucapkan ribuan terimakasih yang sebesar-besarnya. Karena telah memilih desa kami dan mampu menyukseskan acara yang sangat luar biasa ini”.

Ini adalah sebagai bentuk apresiasi yang tiada batas, meskipun Desa Kecamatan serta Daerah Labuhanbatu, sangat jauh jaraknya dengan wilayah Kota Medan tetapi bukan menjadi penghalang untuk menyatukan persepsi, hingga Adik-adik sudah berupaya semaksimal mungkin menyukseskan acara ini”.

Husaini Rambe sebagai Ketua BKM Badan Kordinator Mesjid Al-Falah Desa Pasar Tiga mengatakan, “Sudah sewajarnya kami sampaikan kata terimakasih kepada, Anak Mahasiswa/i kami yang sudah mau melaksanakan KKN di desa kita ini. Sehingga perwiritan tahlilan dapat dilaksanakan setiap malam Jum’at oleh anak Mahasiswa.

Bahkan pengajaran fardhu kifayah berupa pelaksanaan sholat jenazah, maupun pelaksanaan sholat Jum’at, hingga acara pernikahan, dan perayaan 10 Muharram berupa kegiatan festival anak Sholeh dan Sholeha dapat terlaksana dengan sangat baik”.

Kami harapkan kepada anak-anak yang ikut festival semua nantinya jadi sang juara walaupun harus ada nomor urutnya, penempatan nomor urut itu hanya untuk melihat keterampilan yang mungkin ada perbandingan nya. Namun mereka tidak jauh beda gesitnya dengan seperti yang ada di tv, dan apa bila ada yang kurang beruntung saat ini semoga tahun depan nanti akan kita adakan lagi.

Untuk Mahasiswa/i UIN-SU Medan Kelompok 131 yang sudah melaksanakan KKN hingga pada mengadakan festival, anak shaleh dan shaleha sampai ditingkat kecamatan, setahu saya sudah merangkul setiap anak didik di satu Kecamatan ini, dan disitulah beberapa poin keistimewaan dari pada beberapa Tahun yang lalu”.

Pandangan saya lagi, saat melaksanakan pembinaan bagi anak-anak yang ada di Desa Pasar Tiga ini, sangatlah luar biasa ekstra kerja kerasnya dan benar sudah dapat dilaksanakan. Harapan yang terakhir semoga di tahun depan dapat kembali diadakan lagi perlombaan dan bisa lebih maju lagi. Sebut Husaini Rambe BKM Mesjid AL-FALAH.

Gunawan Ritonga dan Ahmad Ridho sebagai Divisi Keagamaan membenarkan timnya, “Menjadi suatu kehormatan bagi kami diberi tugas kepercayaan, untuk menjadi petugas pembacaan saat perwiritan hingga pada, Khotib, Muadzin waktu Sholat Jum’at, bahkan menjadi imam untuk mengisi peran-peran tersebut”.

Kami telah berusaha semaksimal mungkin untuk dapat menjalankannya dengan baik, karena tugas-tugas itu merupakan tanggung jawab yang besar dan sebagai bentuk. Pengabdian kepada Masyarakat Desa Pasar Tiga, dan dengan diberikan pada kami amanat menjadi panitia dalam perayaan 10 Muharram”.

Untuk mencapai islamisasi kami adakan perlombaan yang berkaitan dengan keagamaan, seperti hafalan surat pendek, Tilawatil Qur’an, Tartil, Pildacil, Adzan dan Fashion show.

Dengan adanya beberapa perlombaan tersebut semoga, semangat beragama akan semakin tertanam bagi anak didik yang ada di Kecamatan Panai Tengah ini. Dengan terlaksananya beberapa kegiatan perlombaan, semoga anak didik beranjak dewasa nantinya mereka dapat menggantikan para senior, asatidz, dan asatidzah disini”. Sebut Gunawan Ritonga.

“Rasa senang kami rasakan karena diberi kepercayaan untuk menjadi imam dan khatib di sholat Jum’at, berkaitan dengan pelaksanaan festival anak Sholeh dan Sholeha pada 7-10 Muharram tidak terlepas dari kontribusi warga setempat di kecamatan Panai tengah, karena dengan bantuan pendanaan mereka kegiatan festival dapat terlaksana dengan meriah.

Untuk itu saya mewakili setiap anggota kelompok 131 KKN UINSU Medan sangat berterima kasih sebanyak-banyaknya untuk warga setempat karena dengan kebaikan warga semua mari kita sama-sama dapat menikmati acara untuk Muharram ini” ucap Ahmad Ridho

Dan semoga semua jenis kebaikan yang diberikan berbagai lapisan masyarakat itu, nantinya akan Allah berikan pahala yang lebih baik lagi sesuai janjinya (QS An Nahl: 97) yang artinya:

“Barangsiapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS An Nahl: 97)

Kemudian ada lagi tersurat di (Al-Isra ayat 7) yang artinya:

“Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri”.(M. Sianipar)

About Author