Derapperistiwa.com, | Medan,

Pimpinan Wilayah Badan Ikatan Keluarga Alumni Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (PW IKA BKPRMI) Sumatera Utara periode 2022 -2027 dibawah kepemimpinan H. Ardiansyah Saragih, SH,.MH resmi dilantik di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara Jalan Sudirman Nomor 41 Medan, Sabtu (27/08/2022).

Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Umum PP IKA BKPRMI Dr. H. Andi Kasman Makkuaseng, SE,.MM didampingi Sekretaris Jenderal Ir. H. Zainal Fahmi Alamry, MM. Selain itu dilaksanakan pula Sarasehan Kebangsaan Serta Peluncuran Literasi Berbasis Digital 1 Buku 1 Masjid. Dalam kesempatan pelantikan tersebut hadir Gubernur Sumatera Utara H. Edy Rahmayadi didampingi Kepala Dinas Pendidikan Dr. H. Asren Nasution, MA.

Hadir Anggota DPD RI Asal Sumatera Utara Muhammad Nuh dan Faisal Amri. Hadir pula Dewan Pembina PW IKA BKPRMI Sumut yang juga Gubernur Sumut Ke-15 Dato’ Seri H. Syamsul Arifin, SE. Hadir pula Ketua Dewan Penasihat Drs. H. Imran Daulay, M.Si, mantan Ketua BKPRMI Sumut yang juga Bendahara MUI Sumut Drs. H. Sotar Nasution, MH, mantan Bendahara Umum pertama BKPMI dr. Gunawan Tambunan serta tokoh-tokoh di Sumut lainnya.

Dalam sambutannya Ketua PW IKA BKPRMI Sumut H. Ardiansyah Saragih menyampaikan bahwa keberadaan IKA BKPRMI merupakan wadah bagi para kader dan aktivis pemuda remaja Masjid yang telah purna tugas namun masih memiliki keinginan serta semangat, artinya khusus bagi alumni di Sumatera Utara PW IKA BKPRMI Sumatera Utara merupakan wadah untuk dapat kembali berkarya serta memberikan manfaat untuk ummat serta masyarakat Sumatera Utara.

“Saat ini di Sumatera Utara terdapat lebih dari 10.000 masjid yang tersebar di seluruh Kabupaten Kota di Sumatera Utara. Iti artinya keberadaan PW IKA BKPRMI Sumatera Utara merupakan aset yang sangat berharga terlebih jika pengurus PW IKA BKPRMI Sumatera Utara ambil bagian dan peran serta dalam kegiatan sosial dan keummatan,” jelas H. Ardiansyah Saragih.

Ditambahkannya bahwa Pengurus PW IKA BKPRMI Sumatera Utara menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Sumatera Utara H. Edy Rahmayadi yang telah memberikan dukungan serta support untuk kegiatan pelantikan pada hari ini. PW IKA BKPRMI Sumatera Utara juga mendukung penuh segala kebijakan yang diambil oleh Gubernur khususnya yang bertujuan demi kemaslahatan ummat serta terwujudnya masyarakat Sumut yang Bermartabat.

Ketua Umum PP IKA BKPRMI Dr. H. Andi Kasman Makkuaseng, SE,.MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Pelantikan Pengurus PW IKA BKPRMI Sumatera Utara periode 2022 – 2027 adalah sebuah konvensi dan Icon Branding bagi IKA BKPRMI kepada masyarakat, bangsa dan Pemerintah akan keberadaannya. Karena sebagaimana diketahui IKA BKPRMI adalah Ormas yang berbadan hukum KemenkumHAM RI serta terdapat di 32 provinsi dengan anggota lebih kurang 1,5 juta orang.

“Selamat kepada Akhie dan Ukhtie semua yang baru saja dilantik, pesan saya teruslah berkarya dan berguna bagi Ummat dan NKRI, mari kita bersama membangun ahlak sosial (empowering) yang lebih baik lagi sebagai pengwejahwantahan kita bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan salah satu program “Literasi Digital 1 Buku 1 Masjid” sebagai bentuk Gerakan Nasional Literasi Berbasis Masjid IKA BKPRMI (LABBAIK),” ucap H. Andi Kasman yang juga merupakan Alumni PPSA XXII LEMHANAS RI.

Ditambahkan pula bahwa IKA BKPRMI sebagai lembaga atau wadah Gerakan Dakwah Islamiyah wajib mengambil sikap positif mempersiapkan diri menyongsong masa depan Bangsa dan NKRI yang diridhoi oleh Allah SWT dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, yang sejatinya mengimplementasikan Gerakan Dakwah Islamiyah dan Konsesus Nasional Bangsa Indonesia sebagai Darul Ahdi Wa Syahadah, yang merupakan anugerah Allah SWT untuk kita syukuri bersama sebagai Anak Bangsa.

“Atas kesemuanya itu yang telah saya paparkan di atas, PP IKA BKPRMI mendasarkan pada Firman Allah SWT, dalam QS Al-Zalzalah Ayat 7 – 8 yang artinya Barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat Dzarrah, niscaya dia akan melihat (balasan) Nya. Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan sebesar Dzarrah, niscaya dia akan melihat balasanNya pula,” pungkas H. Andi Kasman yang juga merupakan Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia.

Sementara itu Gubernur Sumatera Utara H. Edy Rahmayadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa tugas menjadi Pengurus PW IKA BKPRMI Sumatera Utara ini adalah lahan yang basah dalam artian basah keringat. Hal ini disebabkan kegiatan ini adalah kegiatan sosial keummatan yang sama sekali tidak digaji sehingga betul-betul harus berjuang.

“Saya yakin tidak banyak orang yang menginginkan jabatan Pak Ardiansyah Saragih ini. Cobalah diletak jabatan Ketua PW IKA BKPRMI Sumatera Utara ini belum tentu orang mau mengambilnya karena memang tidak ada uang disitu. Ini murni kegiatan untuk kebaikan serta kemaslahatan ummat dan para pengurus tidak mendapatkan gaji,” ucap Edy Rahmayadi.

Ditambahkan Edy Rahmayadi bahwa jumlah Masjid di Sumatera Utara sangatlah banyak sehingga ini menjadi tugas yang berat khususnya bagi PW IKA BKPRMI Sumatera Utara. Terlebih ditengah tantangan zaman diantaranya judi dan narkoba, dirinya berharapa Masjid harus mampu menjadi benteng dari serangan penyakit masyarakat tersebut.

“Sekali selamat atas Pelantikan PW IKA BKPRMI Sumatera Utara periode 2022 -2027, tugas Bapak Ibu tidaklah mudah dengan seluruh tantangan yang ada. Akan tetapi saya menaruh harapan besar kepada PW IKA BKPRMI Sumatera Utara agar betul-betul bisa menjadi harapan untuk mengawal Masjid dan mengawal ummat di Sumatera Utara ini,” pungkasnya. (Rilis).

Editor : Pajar Saragih / redaksi

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *