Derapperistiwa.com, | Tapung Hilir,

Program Agro Solution/Makmur adalah program inisiatif PT. Pupuk Indonesia untuk meningkatkan produktivitas Pertanian dan Perkebunan melalui penyediaan input pertanian komersial (pupuk, benih, dan pestisida), akses permodalan, kepastian pengambilan hasil panen (off taker) hingga asuransi pertanian.

Untuk lebih memperkenalkan apa itu Program Agrosolution/Makmur kepada petani khsususnya petani kelapa sawit, Koordinator Program Agrosolution/Makmur Wilayah Riau dan Kepri PT. Pupuk Indonesia melakukan kegiatan Sosialisasi kepada 11 Pengurus KUD Kec. Tapung Hilir dan Tapung yang diadakan di aula KUD Bangun Desa di Desa Kota Bangun Kec. Tapung Hilir Kab. Kampar, Rabu (19/10/2022) pukul 10.00 wib.

Pada acara sosialisasi tersebut tampak hadir langsung Didi Rinaldi selaku Koord. Program Agrosolution/Makmur wilayah Riau dan Kepri bersama tim, Estate Manager STPA Ir. Suwarno, Kades Kota Bangun yang diwakili Deni, Nefrizal Pili Dirut CV. Rezki Lapanenam selaku Distributor Resmi Program Agrosolution/Makmur wilayah Kampar, Budi Haryono S.Pd mewakili KT dan 11 Pengurus KUD diantaranya : KUD Bangun Desa, KUD Cinta Damai, KUD Berkat Lestari Plasma, KUD Tri Manunggal Abadi, KUD Lestari Jaya, KOPSA Tunas Makmur, KUD Budi Karya Jaya dan KUD Makmur Sejahtera dari wilayah Kec. Tapung Hilir, sementara KUD dari wilayah Kec. Tapung yang ikut hadir yaitu KUD Maju Jaya, KPUD Manunggal Jaya dan KUD Tenera Mukti.

Nefrizal Pili selaku Distributor resmi Program Agrosolution/Makmur wilayah Kab. Kampar dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Pengurus KUD dalam rangka sosialisasi ini yang nantinya akan lebih diperjelas oleh Bapak Didi Rinaldi selaku Koord. Wilayah Riau dan Kepri terkait Program Agrosolution atau Program Makmur yang dicanangkan oleh Kementerian BUMN RI dan dikelola oleh PT. Pupuk Indonesia,” ungkapnya.

Semoga dengan sosialisasi ini, program Agrosolution/Makmur dapat dikenal dan dapat dirasakan manfaatnya oleh petani kelapa sawit khususnya diwilayah Kec. Tapung hilir dan Kec. Tapung,” harap Nefrizal dalam sambutan sangkatnya.

Selanjutnya Koord. Wilayah Riau dan Kepri Program Agrosolution/Makmur dalam panjelasannya mengatakan bahwa Program ini bertujuan untuk meningkatkan produktifitas pertanian dan perkebunan dengan penyedian pupuk, benih, pestisida, akses permodalan dan pengambilan hasil panen (off taker),” jelas Didi Rinaldi.

Didi kembali menjelaskan bahwa Program ini merupakan program nasional dari Kementerian BUMN RI yang dikelola oleh PT. Pupuk Indonesia dimana program ini dapat menjawab permasalah petani khususnya petani kelapa sawit terkait tingginya harga dan kelangkaan pupuk untuk Kelapa sawit di Kab. Kampar khususnya di Kec. Tapung dan Tapung Hilir,” jelasnya lagi.

Melalui Program ini, PT. Pupuk Indonesia bekerjasama dengan CV. Reski Lapanenam selaku Distributor resmi program Agrosolution/Makmur Kab. Kampar akan memberikan pelayanan maksimal kepada petani kelapa sawit yang sudah masuk dalam CPCL (Calon Petani Calon Lahan) dan terdaftar di program agrosloution/makmur, dan Alhamdulilah KUD Bangun Desa dengan jumlah petani sebanyak 830 anggota dengan lahan seluas 1.660 ha sudah menjadi peserta Program Agrosolution pada bulan September kemarin,” pungkas Didi Rinaldi.

Berdasarkan pantauan awak media, acara sosialisasi tampak hidup dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan dari pengurus KUD yang hadir terkait apa manfaat, bagaimana prosedur pendaftaran petani, penyediaan stock pupuk dari puduk PT. Pupuk Indonesia sesuai kebutuhan petani dan banyak hal lainnya, acara yang berakhir pukul 12.00 wib ditutup dengan foto dan makan bersama.**

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *