Derapperistiwa.com, | Tapung Hilir,

Dalam Kurikulum Merdeka terdapat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), program ini memberikan kesempatan kepada peserta didik mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitar.

Di UPT SMPN 4 Tapung Hilir, pelaksanan P5 pada jenjang SMP, alokasi waktu yang disediakan sebanyak 360 jam per tahun. Dalam 1 tahun Program P5 dilaksanakan di SMP minimal 3 tema projek, menentukan durasi pelaksanaan untuk setiap tema projek yang dipilih dapat disesuaikan dengan pembahasan tema, durasi dapat dipilih antara 2 minggu hingga 3 bulan.

Program P5 ini dijelaskan oleh Kepala UPT SMPN 4 Tapung Hilir Pikir S.Pd kepada awak media tadi pagi diruang kerjanya, Sabtu (12/11/2022).

Pikir S.Pd menjelaskan bahwa di UPT SMPN 4 Tapung Hilir, dalam 1 tahun kami mengambil 3 tema projek yaitu :

– Projek pertama dengan tema gaya hidup berkelanjutan dengan topik “mencintai sayuran” yang dilaksanakan pada awal bulan Agustus s/d bulan November 2022.

– Projek kedua dengan tema “kearifan lokal” dengan topik ekspolasi apotek hidup, yang dilaksanakan pada bulan Desember 2022.

– Dan projek ketiga dengan tema “kewirausahaan” dengan topik aneka ragam olahan ubi yang dilaksanakan pada bulan Maret 2023,” jelas Kepala Sekolah.

Pelaksanaan P5 saat ini yang dilakukan oleh siswa dan siswi kelas 7 sudah sampai ke tahap akhir untuk projek yang pertama, dan pada projek pertama dengan tema mencintai sayuran, murid kelas 7 menanam sayuran terong ungu dan Alhamdulilah sampai saat ini anak-anak kita sudah dapat 3 kali memanen sayuran terong ungu tersebut dengan hasil mencapai 3 kg,” ucap Pikir S.Pd menutup keterangannya kepada awak media.**

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *