Derapperistiwa.com, | Pekanbaru, Riau –

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Riau  mengadakan kegiatan sosialisasi Pembinaan dan Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemasyarakatan dengan mengusung tema *“ Bersama Organisasi Masyarakat, Riau Bersatu, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”,* Rabu (30/11/2022) bertempat di Balroom Hotel Mutiara Merdeka, Pekanbaru, Riau.

Dewan Pimpinan Pusat Solidaritas Pers Indonesia (DPP-SPI) yang dihadiri Ketua Umum, Suriani Siboro beserta Dewan Pimpinan Daerah Solidaritas Pers Indonesia (DPD-SPI) Kabupaten Kampar yang dihadiri Ketua, Asril dan peserta lain beberapa Organisasi Masyarakat yang ada di Provinsi Riau baik Kabupaten/Kota, juga dihadiri Kapolda Riau, Danramil 031 Wira Bima, Komisi I DPRD Riau, Direktur Organisasi Politik Dalam Negeri, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Riau, Kepala Divisi Kemenkumham, Kasi Intel B Kejati Riau, Forum beragama Provinsi Riau, para Narasumber dan Perwakilan Ormas se – Provinsi Riau.

Ketua Panitia, Padly dalam laporannya menyampaikan, ucapan terimakasih kepada semua undangan yang telah hadir dalam acara ini. Dimana kegiatan ini adalah kegiatan pembinaan organisasi berdasarkan Undang – undang yang telah diatur oleh Pemerintah dengan tujuan komunikasi pemerintah dengan ruang lingkup organisasi masyarakat dengan tujuan sosialisasi Undang-undang tentang Ormas.

Padly juga menjelaskan, dalam kegiatan ini diikuti oleh 47 Anggota yang terdiri dari Tamu Undangan, Narasumber dan Ormas.

“Untuk Narasumber kita hadirkan dari Direktorat Organisasi Kemasyarakatan Politik, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Riau, BNK Provinsi Riau dan dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 28 Oktober s/d  2 Desember 2022,” jelasnya.

Ditempat yang sama Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Riau, Ginting AP dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pembinaan organisasi ini berdasarkan Permendagri No 84 Tahun 2022, dimana  tugas pokok Kesbangpol salah satu fungsinya sebagai pembinaan Ormas, baik Ormas Politik, Agama serta Kesatuan Bangsa dan Bela Negara.

”Alhamdulilah Bapak Gubernur Riau cukup antusias dan peduli terhadap Forum Kebangsaan, Forum Umat Beragama dan Forum Kewaspadaan Dini. Hal itu dilakukan agar mendukung program Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/ Kota untuk menyukseskan Provinsi Riau yang lebih baik kedepannya,” ujar Ginting.

“Kemudian, tujuan dari kegiatan ini salah satunya agar organisasi bisa lebih bersinergi dan bersilahturahmi dan juga bagaimana dan apa yang kita laksanakan kedepannya sehingga organisasi kedepannya bisa lebih Produktif, Inovatif sehingga dapat menggerakkan ekonomi masyarakat,” terangnya.

Ginting juga berharap nantinya kegiatan ini bisa menciptakan keharmonisan organisasi baik di Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

“Kegiatan seperti ini sudah beberapa kali kita laksanakan dan sudah beberapa kali kita turun ke Kabupaten/Kota, untuk mamastikan Kesbangpol dan Ormas apakah sudah berjalan sesuai dengan perundangan yang ada,” kata lelaki kelahiran Kota Medan tersebut.

Lanjutnya, bahwa, Kesbangpol sudah menyiapkan Ranperda Ormas dan sekarang sedang menunggu Revisi Permendagri, mudahan kedepannya Ranperda Ormas disahkan, sehingga ada payung hukum yang jelas dan disahkan lebih cepat.

Diakhir kata, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Riau berpesan karena tahapan Pemilu sudah mulai berjalan, untuk itu diriinya meminta agar kita saling menjaga keamanan dan ketertiban. Selain itu juga, mari sama-sama kita antisipasi hal buruk tentang bahaya Narkoba serta konflik sosial di masyarakat.

Diwaktu yang berbeda, Ketua umum Solidaritas Pers Indonesia, Suriani Siboro menanggapi positif sosialisasi yang diselenggarakan oleh Kesbangpol Provinsi Riau.

Menurut Suriani, kegiatan ini sangat menunjang pemahaman kawan-kawan terhadap sinergitas pemerintah dengan masyarakat yang tergabung dalam organisasi, agar dapat mengedukasi program pemerintah.

“SPI sangat mendukung program Pemerintah Provinsi Riau yang diselenggarakan oleh Kesbangpol Riau, agar Ormas dapat mengedukasi program pemerintah kepada masyarakat. Ini program sangat positif,” pungkas Suriani.

Ditambahkannya, atas nama Organisasi SPI, Suriani mengucapkan terimakasih kepada Kesbangpol yang selalu mengundang SPI dalam setiap kegiatan. Ini merupakan bukti kemitraan yang perlu dibina ke depannya. (Hery Wahyudi) .

*Sumber : DPP SPI*

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *