Derapperistiwa.com, | Jakarta,

Dalam rangka Akselerasi Transformasi UPK menuju BUMDESMA LKD untuk membangun kemandirian dan pengentasan kemiskinan masyarakat Desa, Forum Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Nusantara dan BUMDESMA LKD mengadakan Silaturahmi yang diadakan pada tanggal 20 – 22 Desember 2022 di Diradja Hotel Jakarta Selatan.

Pada kegiatan Silaturahmi Nasional Forum BKAD Nusantara dan BUMDESMA LKD ini, hadir Dirjend Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang diwakili oleh Drs Nugroho Setijo Nagoro M.Si selaku Direktur Pengembangan Kelembagaan Ekonomi dan Investasi Kemendes PDTT Republik Indonesia. Pertemuan ini diikuti oleh perwakilan BKAD dari Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Lampung, Bengkulu, Sumatera Utara dan Riau.

Panitia pelaksana Nanang Mulyana SIP dalam sambutan pembukaan Silatnas menyampaikan ucapan terimakasih kepada peserta atas kehadirannya dalam agenda Silaturahmi Nasional BKAD Nusantara dan BUMDESMA LKD dengan tema “Akselerasi Trasformasi UPK menuju BUMDESMA LKD untuk membangun kemandirian dan pengentasan kemiskinan masyarakat Desa,” ungkapnya.

Silatnas kita kali ini bertujuan guna mendukung terlaksananya program Transformasi UPK menjadi BUMDESMA berdasarkan PP Nomor 11 tahun 2021 dan Permendes No. 15 tahun 2021 kegiatan ini bersifat dialog bersama pihak Kemendes PDTT yang diwakili oleh bapak Direktur Pengembangan Lembaga Ekonomi dan Investasi Drs. Nugroho Setijo Nagoro M.Si, dengan tujuan agar peran kelembagaan BKAD ex PNPM jelas dalam proses transformasi kali ini,” jelas Nanang Mulyana.

Sementara itu Direktur Pengembangan Lembaga Ekonomi dan Investasi Kemendes PDTT Drs Nugroho Setijo Nagoro M.Si dalam paparan awal menyampaikan bahwa Kemendes PDTT berharap program Transformasi UPK menjadi BUMDESMA dapat terlaksana dengan baik, lancar dan secepatnya terlaksana sesuai regulasi yang ada.

“Pak Menteri sangat apresiasi dengan aspirasi dari anggota Komisi V DPR RI khususnya Dapil Jawa Tengah dan pak Mentri berharap situasi kondusif dan tidak gaduh dilapangan sehingga kebijakan beliau menghormati posisi teman-teman BKAD, baik yang sudah berproses, sedang maupun belum sama sekali, agar proses transformasi bisa berjalan sesuai regulasi yang sudah ditetapkan sampai awal bulan Februari 2023 yang akan datang,” jelas Nugroho.

Terkait dengan posisinya BKAD ex PNPM dalam proses Transformasi ini dan ini yang menjadi pertanyaan besar rekan-rekan BKAD ex PNPM, mari pada kesempatan ini kita bisa saling berdiskusi dan berdialog agar kami juga bisa menerima masukan-masukan dan usulan dari rekan-rekan BKAD,” pungkas Drs. Nugroho Setijo Nagoro M.Si.

Acara diskusi dan dialog yang dipimpin oleh Andika Wisnu Murti selaku Sekjend Forum BKAD Nusantara pada acara SILATNAS Forum BKAD dan BUMDESMA LKD berjalan cukup alot dengan pertanyaan dan usulan dari peserta kepada pihak Kemendes PDTT.

Dalam dialok internal antara peserta yang hadir, permasalah yang utama adalah Permendes No 15 Tahun 2021 masih multitafsir, sehingga menjadikan masalah tersendiri ditingkat pelaku Ex PNPM secara menyeluruh.

Berdasarkan pantauan awak media, acara yang berakhir pukul 12.30 wib berjalan dengan lancar dan sukses.**(Pajar Saragih)

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *