Derapperistiwa.com, | Rohil,

Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiks) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) baru saja meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Kerjasama Media Secara Elektronik (Simatrik) versi 2.0.

Simatrik ini, merupakan aplikasi berbasis Web yang diciptakan untuk menerima kerjasama dengan Media baik Online, elektronik maupun cetak yang merupakan inovasi Diskominfotiks dibawah binaan Kepala Dinas Indra Gunawan SE MH.

Dimana, inovasi yang diciptakan Diskominfotik ini mendapat apresiasi dari Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP. Apresiasi tersebut disampaikan Bupati saat membuka sosialisasi penggunaan aplikasi berbasis Web Simatrik yang dihadiri ratusan wartawan baik Online, Cetak maupun elektronik.

Kadiskominfotik Rohil Indra Gunawan saat dikonfirmasi, Selasa (7/2/2023) menyebutkan, peluncuran aplikasi Simatrik tersebut dilakukan sebagai inovasi dalam memperbaiki sistem kerjasama media dengan Pemerintah Kabupaten Rohil melalui Diskominfotiks yang selama ini masih dilaksanakan dengan cara konvensional.

Indra Gunawan menerangkan, media massa memiliki peran secara dinamis dalam proses demokrasi, terutama menjembatani pendapat publik melalui jejaring sosial yang tersebar secara masif dan sebagai menyambung antara Pemerintah dan masyarakat sehingga kerjasama antara media massa dengan Pemerintah merupakan hal yang sangat perlu dilakukan.

“Dari segi perkembangannya, media massa saat ini sangatlah besar dan sangat pesat. Sehingga tidak dapat di pungkiri bahwa semakin banyaknya media- media yang bermunculan maka daya saing juga semakin meningkat. Sehingga, berdampak pada ketatnya penyaringan terhadap media yang akan bekerjasama, ” katanya.

Oleh karena itu sebut Indra, Pemda Rohil melalui Diskominfotiks mencoba untuk menjawab persoalan tensebut tengan menyediakan Apllkasi Barbais Web Sistem Informasi Keriasama Media Secara Elektronik (Simatrik) versi 2.0 yang merupakan perkembargan dari versi sebelumnya.

Baca Juga  PPS 558 Terpilih Se Kabupaten Sampang Resmi Di Lantik

Dengan memanfaatkan perkembargan teknologi informasi terkini, saat ini dapat tempermudan perusaharan pers untuk mendaftarkan medianya yang akan Kerjasama dengan Pemda Rahil.

“Sebaliknya Pemda Rohil juga akan lebih mudah dalam menyeleksi media yang akan kerja sama dengan adanya aplikasi Simatrik tersebut. Dimana, order atau pesanan produk media seperti Advetorial, Iklan dan Galery dilakukan melalui aplikasi,” paparnya.

Sementara untuk pemberitaan online, ditambahkan satu produk yaitu kliping berita dimana wartawan diberikan kesempatan untuk membuat rilis berita tentang citra positif Pemkab Rohil maksimal 20 berita perbulan dan link berita disampaikan kembali melalui aplikasi yang selanjutnya akan diintegrasikan dengan web mediacenter rohilkab.id sehingga dapat dibaca oleh masyarakat luas.(Rilis)

Sumber : DPP AMI

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *