Derapperistiwa.com, | Tapung Hulu,

Rayakan pesta demokrasi,SMPN 1 Tapung hulu gelar pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS guna meregenerasi kepengurusan OSIS dan sebagai bentuk pembelajaran demokrasi sejak dini.(17/02/2023).

 Pemilihan Ketua OSIS adalah kegiatan dimana siswa mendapat kesempatan untuk dipilih dan memilih pemimpin mereka.Yang mana pemilihan ketua OSIS di SMPN 1 Tapung hulu juga sebagai bentuk pembelajaran demokrasi bagi siswa.

Tahun ini Pemilihan Ketua OSIS SMPN 1 Tapung hulu dilakukan secara online agar memudahkan dalam penghitungan hasil suara, dan pemilihan dipandu oleh Baddaria hasibuan, S. Pd ( operator sekolah).

Pesta demokrasi diawali dengan sosialisasi OSIS yang dilakukan oleh Syahdan, S. Pd ( kesiswaan/ pembina OSIS) pada tanggal 28 januari-04 februari 2023. Penerimaan pendaftaran calon ketua dan wakil ketua OSIS pada tanggal 05 -09 februari dan dilakukan verifikasi data pada 09 februari 2023, terpilihlah 3 calon kandidat yaitu : kandidat 01, Arvan Syahputra (VIIIF) dan Resti Damara (VIIC).

Kandidat 02, Dwi Salmaputri (VIIIE) dan Hanif Husein (VIIB).

Kandidat 03, Novita Sari (VIIIA) dan Tiara Alisa Putri (VIIF).

Nomor urut sesuai dengan pencabutan undian, dan seluruh calon kandidat diberi waktu selama 3 hari untuk melakukan kampanye (10-12 februari 2023).Dan masing-masing kandidat diperbolehkan untuk mencari tim sukses yang berjumlah 20 Siswa/i.

Setiap kandidat Ketua dan Wakilnya melakukan kampanye secara terbuka dilapang sekolah,disaksikan oleh seluruh guru dan siswa-siswi SMPN 1 Tapung hulu.

Calon ketua dan wakil ketua OSIS menunjukkan kemampuannya dalam debat visi-misi yang dipandu oleh Syahdan, S. Pd ( Kesiswaan) dan Siska Rahmi, S. Pd (Kaur.kurikulum).

Kegiatan debat dimoderatori oleh Verawati, S. Pd, diawali dengan memberikan pertanyaan kepada masing-masing kandidat dan diakhiri dengan sesi tanya jawab dari audiens yang berhadir.

Usai kegiatan debat terbuka seluruh kandidat dan tim sukses memasuki masa tenang dimana merupakan waktu dilarang untuk melakukan kampanye terbuka atau pun sembunyi.

Tepat pada hari ini merupakan puncak pesta demokrasi,seluruh guru dan siswa-siswi diharuskan untuk menggunakan hak suara dan bebas memilih kandidat sesuai dengan keinginan sendiri.

Ada sekitar 522 siswa menggunakan hal suaranya dan terpilih lah kandidat 01 dengan peraih suara terbanyak.

Berikut perolehan suara :

Kandidat 01 : 381 suara

Kandidat 02 : 50 suara

Kandidat 03 : 91 suara.

“Tahniah untuk kandidat 01 ( Arvan syahputra dan Resti damara) hari ini terpilih menjadi ketua dan wakil ketua OSIS tahun pelajaran 2023-2024.

“Semoga kegiatan ini menjadi pembelajaran untuk seluruh siswa-siswi bagaimana berdemokrasi dengan benar dan melatih jiwa leadership siswa-siswi yang menjadi calon kandidat OSIS” ucap pharada kresna, S. Si, M. Pd selaku Kepala sekolah UPT SMPN 1 Tapung hulu usai kegiatan ini berlangsung.(P.S).

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *