MENGUPAS PERISTIWA SECARA FAKTA

Vakum Beberapa Tahun,PERSAMI SDN.015 Tapung Hulu Dilangsungkan Secara Sederhana

Derapperistiwa.com, | Tapung Hulu,

Persami adalah singkatan dari Perkemahan Sabtu Minggu. Sesuai dengan namanya, persami dilaksanakan pada hari Sabtu hingga Minggu yang ikuti oleh adek-adek penggalang yang tergabung dalam gerakan pramuka dari kelas 4,5, dan 6. Mereka adalah para peserta didik UPT SDN 015 Sumber Sari dibimbing oleh para pembina pramuka serta di bantu oleh anak- anak DKR. Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana.

Kegiatan Persami kali ini dilangsungkan secara sederhana namun penuh khitmat dengan rangkaian kegiatan dimana kegiatan yang paling sangat di tunggu-tunggu adalah kegiatan penyalaan unggun api. Unggun Api bukanlah hanya sekedar kegiatan bakar membakar saja tapi lebih kepada nilai-nilai filosofi yang terkandung di dalamnya, bahwa kita hidup hendaknya seperti unggun api yang siap menerangi bagi kegelapan dan siap memberikan kehangatan bagi yang ada di sekitarnya”. ungkap Kamabigus di lapangan UPT SDN 015 Sumber Sari kecamatan Tapung Hulu,Kampar – Riau (19/02/23). Setelah beberapa Tahun Vakum akibat pandemi Covid-19, akhirnya dapat terlaksana kembali.

Persami adalah bagian dari kegiatan pramuka yang sering diadakan oleh sekolah dasar maupun sekolah menengah. Kegiatan Persami penggalang kali ini di laksanakan dengan harapan dapat menumbuhkan kemandirian, pembentukan karakter berbudi pekerti yang luhur pada diri siswa. Yang mana kegiatan pembukaan Persami diawali dengan upacara dan sambutan dari kepala sekolah yakni Sri Yanti S.Pd.SD., M.P.d selaku Kamabigus 015 Sumber Sari.

“Pramuka adalah salah satu eskul yang diwajib di SDN 015 Sumber Sari guna membina peserta didik dalam hal pembentukan karakter kegiatan ini merupakan kegiatan positif yang tidak terlepas dari kegiatan-kegiatan yang menarik dan mengandung unsur pendidikan sesuai dengan ini dalam Prinsip Dasar Metodik Pendidikan Kepramukaan (PDMPK), untuk mencapai tujuan tersebut dan dengan memperhatikan tuntutan perubahan jaman dengan membentuk generasi yang yang berkarakter ucap Kamabigus.

Tujuan kegiatan Persami adalah :

Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Melatih Kemandirian dan etos belajar kepada Peserta kegiatan.

Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik yang tergabung dalam keanggotaan pramuka gugus depan 11-02711-028 SDN 015 Sumber Sari.

Menumbuhkan minat dan semangat para peserta kegiatan yang tergabung dalam keanggotaan gerakan Pramuka Gugus Depan 11-027 11-028 untuk menjadi manusia yang bermoral.

Menumbuhkan praktek kerjasama sikap gotong-royong, kepedulian, rasa empati kepada sesama penggalang. Yang dalam hal ini merekalah yang akan menjadi ujung tombak penerus bangsa untuk menyongsong perubahan zaman Pungkasnya.(Pajar Saragih / Redaksi).

About Author